Persiapan Liburan Ke Jepang Ala Backpacker Paling Hemat

Selain Korea, Jepang juga menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak ingin dikunjungi. Namun negara yang satu ini dikenal memiliki biaya cukup tinggi untuk pengeluaran para wisatawan dibandingkan dengan negara lainnya di Asia. Jadi ada baiknya untuk menekan pengeluaran dan membaca informasi mengenai persiapan liburan ke Jepang agar tidak over budget.

Dengan biaya yang tidak sedikit, maka lakukan persiapan yang matang agar liburan lancar. Mulai dari uang saku, akomodasi, transportasi, perlengkapan dan lain sebagainya juga harus dipikirkan dengan seksama. Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan untuk menyiapkan trip ke Jepang ala backpacker yang dijamin bisa menghemat pengeluaran dengan cukup bijak.

1. Menentukan Waktu

Persiapan liburan ke Jepang yang pertama harus dilakukan adalah dengan menentukan waktu, terutama tanggal dan juga musim. Perbedaan kondisi cuaca ini nantinya akan berpengaruh pada kesehatan pula, sehingga periksalah keadaan cuaca saat di Jepang agar persiapan obat-obatan pun bisa lebih maksimal.

Tidak hanya itu, pemilihan musim yang tepat akan sangat mengasyikkan jika bebarengan dengan berbagai Festival yang digelar di Jepang loh. Terdapat berbagai macam festival seperti festival Hanami pada musim semi, Festival Salju Sapporo di Hari Anak-anak dan lain sebagainya.

2. Rencana Perjalanan

Setelah menentukan waktu yang tepat, ada baiknya untuk membuat rencana perjalanan atau itinerary agar kegiatan berjalan dengan lancar. Tentukan berapa lama akan berada di Jepang, destinasi wisata yang dituju, transportasi, akomodasi dan lain sebagainya untuk membuat liburan jadi menyenangkan.

3. PASPOR dan VISA

Sebelum pergi ke Jepang, membuat paspor dan visa adalah sebuah keharusan. Pastikan bahwa paspor yang dibuat masih berlaku dan mengurus visa di Kedubes Jepang. Usahakan pula mengurus visa sebulan sebelum keberangkatan agar tidak mendadak. Pembuatan visa ini cukup mudah dan cepat, hanya membutuhkan 3 hingga 4 hari kerja.

4. Cari Tiket Pesawat

Hal terpenting lainnya sebagai persiapan liburan ke Jepang adalah mencari tiket pesawat. Jika hoki, biasanya akan ada banyak sekali promo yang didapat dan sangat menghemat anggaran liburan loh. Pastikan terlebih dahulu memantau maskapai yang terbang ke Jepang dengan harga terendah. Beberapa maskapai yang bisa dijadikan pilihan adalah Vietnam Airlines, Garuda Airlines, ANA, Air Asia dan lain sebagainya.

5. Transportasi dan Akomodasi

Jangan lupa pula untuk mempelajari transportasi yang ada di Jepang, mengenai rute, bagaimana cara membeli tiket atau IC Card atau JR Pass agar perjalanan menjadi lebih mudah saat berlibur. Tidak hanya itu, cari pula penginapan atau hotel yang berada di dekat destinasi dengan harga termurah agar tidak membuang banyak waktu dan tenaga.

6. Pemilihan Pakaian dan Barang Bawaan

Setelah mengetahui jadwal keberangkatan, musim dan cuaca yang sedang terjadi, ada baiknya menyiapkan barang yang perlu dibawa saat liburan. Tentunya sesuaikan dengan keadaan agar tidak salah kostum. Jika datang pada musim dingin, pastikan untuk membawa jaket atau sweater dan sepatu yang nyaman.

Kemudian, bawalah beberapa koper yang diperlukan dan juga tas jinjing kecil untuk membawa paspor dan visa. Selain itu, bawalah obat-obatan dan jangan membawa makanan yang berlebihan karena sudah banyak Restoran yang menyediakan makanan halal disana. Dengan begitu, barang bawaan tidak akan membludak dan over weight pada bagasi.

7. Mata Uang Yen

Hal terakhir dan paling penting untuk dilakukan adalah menukarkan uang rupiah dengan mata uang yen agar bisa bertransaksi lebih mudah. Tukar uang rupiah di Daikokuya untuk mendapatkan mata uang yen ataupun voucher hadiah belanja.

Itulah informasi mengenai persiapan liburan ke Jepang ala backpacker yang paling hemat dan tidak akan membuat over budget. Bagaimana? apakah informasi tersebut cukup membantu? Pastikan untuk membuat anggaran yang rasional dan tidak menyiksa saat liburan ya. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!