Ini Lho Tips Saat Akan Bepergian ke Raja Ampat yang Wajib Dibaca

Raja Ampat adalah salah satu tempat wisata yang keelokannya sudah mendunia. Tidak heran jika banyak sekali wisatawan yang bercita-cita ke tempat satu ini. Sayangnya mungkin bagi sebagaian calon pengunjung tempat ini sedikit mahal. Untuk bisa kesini ada tips saat akan bepergian ke Raja Ampat yang harus dibaca. Simak baik-baik ya!

1. Datang Secara Berkelompok

Perlu diketahui kalau di Raja Ampat harga bensin dua kali lebih mahal dari kota terdekat yakni Sorong. Oleh karenanya transportasi di sini pun lebih mahal daripada di daerah lainnya khususnya di Indonesia. Agar perjalanan tidak berat diongkos maka sangat disarankan untuk datang ke Raja Ampat secara berkelompok.

Misalnya membentuk kelompok atau grup minimal terdiri dari 10 orang atau lebih, hal ini akan meringankan biaya sewa kapal serta bensin yang harganya mencapai jutaan rupiah per hari. Caranya adalah dengan membagi sama rata biaya sewa tersebut pada tiap anggota kelompok.

2. Cari tiket pesawat promo

Tiket pesawat ke kota Sorong sekali jalan saja sudah mencapai angka 5 juta rupiah. Jadi untuk bisa ke Raja Ampat sangat disarankan untuk mencari tiket pesawat promo agar biaya berlibur ke sini tidak terlalu mahal.

Agar bisa mendapatkan tiket promo harus mencari jauh-jauh hari dan rajin mencari promo dari maskapai. Cara lain adalah dengan mencari tiket promo di pameran wisata.

3. Jadwal Perahu Reguler ke Raja Ampat

Dari kota Sorong ke Raja Ampat perlu menggunakan perahu atau kapal feri. Sebagai calon wisatawan harus tahu jadwal kapal ini. Perahu regular biasanya berangkat hanya ada pada tiga hari saja. Ada hari Senin, Rabu, dan Jumat dengan waktu keberangkatan pukul 09.00 WIT atau 14.00 WIT.

4. Biaya Retribusi Raja Ampat

Mengingat Raja Ampat merupakan kawasan konservasi jadi para pengunjung yang ingin berkunjung harus membayar retribusi sebesar 500 ribu rupiah untuk wisatawan lokal dan satu juta rupiah untuk wisatawan asing.

Uang retribusi tersebut tidak lain untuk menjaga kelestarian Raja Ampat khusunya dari para nelayan yang illegal serta pihak tertentu yang ada niatan untuk merusak kawasan konservasi satu ini.

5. Penginapan atau Homestay

Tips saat akan bepergian ke Raja Ampat selanjutnya adalah menekan pengeluaran dengan menginap di homestay. Ada banyak homestay yang sudah disediakan warga seperti di Pulau Waisai yang bisa digunakan pengunjung Raja Ampat dengan kisaran harga 200 ribu sampai 350 ribu rupiah per orang.

Jika ingin lebih hemat lagi pengunjung juga bisa menggunakan rumah penduduk yang memang sudah dijadikan penginapan bagi para wisatawan Raja Ampat. Tentu tidak semewah hotel atau resort yang harganya cukup mahal, namun homestay atau rumah penduduk sekitar cukup nyaman untuk dijadikan tempat beristirahat selama berlibur di Raja Ampat.

6. Pilih Waktu Keberangkatan

Perhatikan waktu berkunjung ke Raja Ampat, usahakan untuk datang di bulan dan musim yang tepat. Carlah informasi kapan sebaiknya datang ke Raja Ampat. Sangat disarankan untuk berkunjung ke tempat cantik ini ketika ombak tidak tinggi atau saat laut tenang.

Tidak sedikit pengunjung yang salah memilih bulan yang akhirnya terjebak di dermaga dikarenakan cuaca yang tidak mendukung. Biasanya wisatawan yang terjebak tersebut karena tidak ada kesempatan melaut sebab ombak yang tinggi dan sangat beresiko.

Nah, itu dia beberapa tips saat akan bepergian ke Raja Ampat yang harus diperhatikan. Keindahan Raja Ampat memang tidak ada duanya tidak heran jika sedikit ribet untuk menuju tempat wisata ini. Segera rencanakan keberangkatan ke Raja Ampat ya.